UM Sumatera Barat Kampus Swasta Terbaik II di Sumbar Persi UniRank

HUMAS UM SUMBAR- Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat terus melaju dan melesat tajam diantara perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat. Baru-baru ini UniRank (University Ranking) suatu lembaga penilai peringkat Universitas dari Australia menerbitkan penilaian di situs mereka yang menempatkan UM Sumatera Barat sebagai perguruan tinggi nomor lima terbaik di Sumatera Barat.

UniRank  sendiri mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi berbasis internasional dengan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas yang diakui secara resmi di 200 negara.

Mekanisme penilaian UniRank bertujuan untuk memberi gambaran peringkat suatu universitas berdasarkan pada popularitas website mereka yang mencangkup  pada perkiraan lalu-lintas di website, kepercayaan, otoritas, popularitas, serta tautan yang berkualitas.

Ada tiga aspek penting yang menjadi kriteria utama penilaian yang dilakukan UniRank, seperti :

  1. Terakreditasi badan akreditasi perguruan tinggi, baik nasional ataupun daerah dengan kata lain perguruan tinggi yang tidak terakreditasi tidak diikutsertakan dalam penilaian.
  2. Perguruan tinggi menyediakanpendidikan tingkat Strata satu (S-1) dan Pasca Sarjana baik tingkat Master (S-2) ataupun Doktoral (S-3).
  3. Perguruan Tinggi melakukan sistem pembelajaran tatap muka dan dilengkapi dengan fasilitas gedung sebagai sarana pertemuan.

Sebagai unsur tambahan suatu perguruan tinggi harus memiliki website institusi yang aktif serta menggunakan domain dan hosting berbayar.